Tujuan Bekerja

Seni Memotivasi Diri Sendiri & Kiat-kiat Pengembangan Diri

Tujuan Bekerja

Apakah tujuan anda bekerja? Ingin mendapatkan uang, bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarga, hanya sekedar mengisi waktu luang, tidak ingin dikira malas oleh orang lain.

Setiap orang tentu memiliki tujuan dalam hidup, demikian pula ketika hendak melakukan suatu pekerjaan tentu memiliki tujuan. Untuk Menjadi berhasil dan sukses baik dalam kehidupan maupun dalam pekerjaan tentu kita memiliki tujuan agar kita dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. 

Agar tujuan kita dalam pekerjaan mudah untuk dicapai hendaknya menuliskan dengan jelas apa saja tujuan yang hendak di capai. 

Baca juga: Cara Menentukan Tujuan Bekerja


Tujuan tersebut bisa dibagi menjadi tiga yaitu Tujuan Jangka Pendek (< 12 Bulan), Tujuan jangka Menengah (1 -5 Tahun) dan Tujuan jangka Panjang (> 5 Tahun). Ini sungguh bervariasi, tergantung pada kebutuhan pribadi Anda dalam menentukan tujuannya, bagaimana dengan Anda?


Setelah menuliskan tujuan yang hendak dicapai saatnya kita mengukur tingkat keberhasilan dari tujuan tersebut serta mengevaluasi mana saja yang harus diperbaiki. Selain menulis tujuan yang jelas, yang tidak kalah pentingnya dalam pekerjaan adalah bekerja dengan tulus dan bertanggung jawab agar hasilnya dapat bermanfaat.

Tujuan Bekerja
  
Banyak motif orang bekerja, kalau tujuan kita bekerja hanya untuk mendapatkan uang, kita tidak akan bisa bekerja dengan baik.  Kita selalu berpikir :”Untuk apa aku pulang lama, toh pekerjaan semua sudah selesai. 

Yang penting semua sudah beres.” Dan kita tidak akan memberi nilai tambah kepada hasil kerja kita. Yang akhirnya kita tidak mengerahkan segenap kemampuan kita untuk menghasilkan yang terbaik. jelas kita yang rugi, karena kemampuan kita tidak berkembang.

Pendapat Martin Luther King Jr: Kalau anda terpanggil menjadi tukang sapu jalanan, sapulah jalanan itu seperti Micheangelo melukis, atau seperti Beetoven menggubah musik atau seperti Shakespeare menulis sajak. 

Sapulah jalanan itu dengan demikian baiknya sehingga semua penghuni sorga dan bumi akan berhenti sejenak untuk mengatakan ” Disini pernah hidup seorang tukang sapu jalanan yang hebat, yang sangat baik hasil kerjanya.”

Artikel lainnya: Tahukah Anda, Bahwa Multitasking Dapat Mengganggu Produktivitas Kerja?


Apa yang kita lakukan di tempat kerja? Datang lama pulang cepat, bersosialisasi dengan teman, berambisi mengejar jabatan yang lebih tinggi, atau meningkatkan potensi diri agar bisa berkembang dan mendapat pekerjaan yang lebih baik.



Bekerjalah dengan tulus tanpa pamrih dan penuh tanggung jawab. Jangan lupa, simak juga artikel tentang Tips Bekerja Cerdas.

Dapatkan 45 Tips Pengembangan Diri disini


Beri Tahu Teman Mu Ya!!!


9 Komentar untuk "Tujuan Bekerja"

Setuju dengan kalimat terakhir, "Bekerjalah dengan tulus tanpa pamrih dan penuh tanggung jawab". Pesan yang pas bangad dan mengena langsung.

Terima kasih atas apresiasinya mas, semoga kita semua dapat mewujudkanya

disini kita bisa belajar motivasi bekerja bahkan tujuannya.saya sendiri cenderung tak pernah puas dengan hasil bekerja, karna tak ingin terlena dizona nyaman, seperti yang mas bilang ”Untuk apa aku pulang lama, toh pekerjaan semua sudah selesai. Yang penting semua sudah beres.”

Betul mas, bekerja mesti bertanggung jawab tanpa harus memandang ini untuk siapa dan untuk apa.....motivasi kerja yang tinggi juga memberikan berkah atas hasilnya walaupun sedikit

Kata-kata marthen luther keren mas, jadi bukan persoalan jenis pekerjaannya yah tapi bagaimana menjalaninya... Luar biasa mas

Yupzz, saya setuju dengan Anda kalau kata2 marthen luther, sangat memotivasi, tidak salah beliau jadi tokoh yang mendunia

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Ya memang sudah semestinya siapa yg bekerja keras tanpa mengenal lelah atau mengeluh plus tulus dan ikhlass,dia yang layak mendapatkan yang terbaik.(Do The Best Be The Best)

Terima kasih sudah berkunjung:

1. Silahkan berikan opini & komentar terbaik Anda.
2. Kritik pedas 'bikin sambal kali, pedas?' akan saya terima dengan hati terbuka demi perbaikan konten dalam blog ini.
3. Tak perlu nitip link hidup/mati.
4. Bila Anda tidak terima, Anda bisa mengajukan 'banding'!

Back To Top