Mau Passive Income Mengalir Terus Tiada Henti, Contek & Terapkan 5 Cara Asik Berikut Ini

Seni Memotivasi Diri Sendiri & Kiat-kiat Pengembangan Diri

Mau Passive Income Mengalir Terus Tiada Henti, Contek & Terapkan 5 Cara Asik Berikut Ini

Memiliki penghasilan pasif yang mengalir tiada henti memang dambaan setiap insan, namun sangat sedikit yang mampu mewujudkannya. Yang lebih tak enaknya lagi, banyak orang bahkan sering keliru menafsirkan penghasilan pasif. 

Karena sering multi tafsir inilah saya mencoba membantu Anda yang mungkin saja terjebak dalam penafsiran tadi. Hal ini bersifat berbagi informasi, bukan sebagai acuan yang bisa Anda jadikan sebagai doktrin apalagi sebagai sebuah teori, jangan langsung percaya sebelum Anda merasakan sendiri.

Sebuah penelusuran singkat melalui mbah google, saya menemukan fakta yang cukup mengejutkan, artikel bertema passive income telah diposting oleh jutaan orang, baik melalui blog pribadi, website maupun sejumlah pakar. Kualitas tulisannya juga menarik dan layak dijadikan referensi, namun sayangnya masih saja multi tafsir.

Melalui berbagai seminar bisnis juga telah di kemukakan bahwa ada sejumlah sumber yang bisa dijadikan sebagai penghasilan pasif. Mudah-mudahan dengan adanya tulisan singkat ini semakin memperkaya (bukan memperkeruh) referensi Anda tentang passive income dan cara menciptakannya.


Artikel yang saya buat ini beradasarkan pengalaman pribadi, yang mudah-mudahan menarik untuk Anda baca dan ikuti, berikut ini ulasannya:

Jika dilihat dari judulnya, pembahasnnya pasti menarik, dan biasanya bahasanya berat banget untuk dicerna bro?

Memang sangat menarik jika kita membahas tentang “Penghasilan Pasif”, siapapun pasti menginginkannya. Mengenai berat atau ringannya bahasanya tentu sangat tengantung dari Anda yang mencerna dan tulisan yang sedang Anda baca.

Berhubung saya hanya seorang blogger yang masih dalam tahap belajar menulis yang bener, bukan pakar Motivator dan Inspirator terkenal seperti TDW, Mario Teguh, Andrie Wongso dan yang lainnya, jadi bahasanya akan saya atur sedemikian rupa seperti gaya blogger tentunya mas bro.

Tujuannya agar lebih mudah untuk kita pahami dan yang paling penting dapat membantu Anda dalam mewujudkan Impian Anda memiliki penghasilan pasif.

Jadi sesungguhnya apa sih yang dimaksud dengan penghasilan pasif itu?

Penghasilan pasif (passive income) adalah penghasilan yang diperoleh secara terus menerus yang tidak memerlukan upaya/bekerja secara berkelanjutan. Sederhananya bahwa penghasilan pasif ini akan selalu kita peroleh meskipun kita tidak melakukan pekerjaan apa-apa. 

Sederhananya, penghasilan yang kita peroleh dari aset yang dimiliki tanpa harus bekerja secara aktiv didalamnya. Tinggal duduk tenang, uang terus mengalir seperti mengikuti saluran pipa. Definisi passive income ini sendiri, secara masive dipopulerkan oleh Robert T Kiyosaki.

Waaaahhhh, enak dong kalau begitu Mas Bro?

Emang iya, makanya banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkannya, termasuk Anda dan saya kan? Cara yang digunakan amat beragam, mulai dari cara yang halal sampai cara yang paling tidak wajar juga dilakukan guna memperoleh mimpi mendapatkan penghasilan pasif tadi.

Gimana mas bro, udah ada bayangan dan penampakan nggak ni soal “Penghasilan Pasif nya?....mudah-mudahan cepat ya!!! saya yakin sekarang Anda sudah memiliki gambaran yang jelas.

Lanjut, Gimana cara dapatinnya Mas Bro, susah nggak?

Tentu saja tidak semudah membalikan telapak tangan, dan yang paling penting adalah tidak semudah yang kita bayangkan. Dibilang mudah jika kita cukup berpengalaman, memiliki keterampilan, kemampuan yang mumpuni dan yang terpenting adalah memiliki sumber daya yang cukup tinggi.

Dibilang sulit jika kita tidak memiliki pengalaman, serta sumber saya yang kurang mumpuni untuk dikelola. Akan tetapi hal ini bisa kita pelajari dan bisa menjadi keterampilan bagi kita. (Perlu diingat bahwa hal ini sama sekali tidak ada kaitannya degan bakat...!!!)

Berdasarkan pengalaan pribadi saya, tercatat setidaknya ada 4 cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan pasif, diantaranya:

1.Melakukan Investasi (Dalam Bentuk Tabungan/Deposito/Properti)

Cara termudah untuk mendapatkan penghasilan pasif adalah dengan menabung sejumlah uang, dan kita bisa memperoleh hasil jasanya setiap bulan. Misalnya kita memiliki jumlah tabungan tertentu, terus setiap bulannya kita bisa menikmati jasa yang dihasilkan.

Cara ini memakan waktu yang lumayan lama, karena tidak ada cara instant dalam meraih kesuksesan. Jangan pernah mempercayai iming-iming bahwa dengan mengikuti program ini dan itu, merekrut anggota lain, tanpa menjual produk Anda bisa tetap dapat hasil.

Setidaknya diperlukan waktu sekitar 5 tahun untuk memperoleh yang seperti ini, akan tetapi jika Anda memerlukan jalur cepat Anda bisa kok, tinggal lakukan cara yang sedikit curang, tapi tidak saya rekomendasikan lho....!

2.Menyewakan Properti /Rumah

Cara termudah kedua adalah menyewakan rumah (usaha kontrakan rumah), diperlukan modal besar untuk menggeluti bisnis ini mas bro. Nah, cara mudahnya adalah:

  1. Cari aja jodoh/isteri yang orang tuanya juragan kontrakan/juragan kos, tinggal di sana. Berbaik hatilah dengan mertua, siapa tahu bisa kejipratan rejekinya bro, dan Anda dipercayakan untuk mengelola usaha kontrakannya, tu jadi dech Anda juragan kontrakan.
  2. Sewain aja satu kamar di rumah yang ditempati sekarang (kamar tidur lo aja mas bro), terus tidur aja diruang tamu untuk sementara waktu. Dengan menyewakan kamar, kita juga mendapatkan penghasilan pasif kan?
  3. Cari ada referensi sendiri bro sesuai kreativitasnya, saya cukup dua aja yang diatas ya.

3.Menyewakan Kendaraan Pribadi

Cara termudah selanjutnya adalah menyewakan kendaraan, baik mobil maupun motor. Jika Anda memiliki sebuah motor yang tidak digunakan, sebaiknya disewakan saja (perhari/perminggu), barangkali ada kenalan, teman, rekan kerja Anda yang memerlukan sepeda motor untuk digunakan setiap hari.

Ingat, biaya sewanya jangan sampai lebih mahal dari kredit cicilan, ntar pelanggan jadi kredit sendiri tu motor di tempat penjualannya.

Khusus untuk Mobil, mungkin sudah bisa dipikirkan untuk kredit kendaraan dengan uang muka rendah, terus di sewain dech tu mobil dan dapatlah sejumlah uang dari hasil sewanya. Mudah bukan caranya mas bro?

4.Mendapatkan Royalti Dari Menulis Buku

Khusus untuk yang satu ini, saya tidak berbicara banyak. Saya akui karena saya bukan seorang penulis terkenal yang bukunya best seller seperti Raditya Dika dengan “Kambing Jantan” nya, Andrea Hirata dengan “Laskar Pelangi” nya.

Saya hanya seorang blogger galau yang mencoba untuk menuangkan segala isi hati dan pikiran lewat postingan di blogger pribadi, yang pengunjungnya masih jauh dari kata cukup.

Saran dari saya adalah teruslah belajar untuk menulis dan belajarlah untuk berlama-lama didepan komputer Anda atau pinjam laptop teman Anda untuk menelurkan karya berupa buku. Setelah itu dapatkan penghasilan pasif dari royalti penjualan buku tadi.

5.Mengelola Sejumlah Blog Bisnis Online

Saat ledakan internet terjadi, banyak orang memiliki passive income yang masiv yang berasal dari binis (online), mulai dari menjalankan link affiliasi, penayangan iklan, hingga menjual ebook atau produk digital lainnya.

Jika diuraikan satu persatu akan butuh waktu yang lama, karena cakupannya sangat luas. Namun yang pasti, tanpa bekerja terlalu menguras tenaga dan waktu sejumlah website bisnis/blog juga tetap menghasilkan, kuncinya sistem yang sudah terbangun dengan baik.

Itulah setidaknya 5 Cara Mendapatkan Penghasilan Pasif (passive income) Versi Catatan Inspirasi. Dari 4 yang diuraikan diatas, baru 2 cara yang bisa saya nikmati setiap bulannya yaitu nomor 1, 3 & 5.

Berhubung rumah masih berstatus pemberian dari ortu, jadi tidak memungkinkan untuk disewakan apalagi di sewakan satu kamar untuk kos-kos an, bisa gawat dan bisa terjadi perang dunia ke 7. Apalagi yang kos adalah mahasiswi cakep, montok dan body aduhai, pasti makin gawat.

Ternyata setelah disimak dan dibaca dengan cermat, tidak sulit juga kok Mas Bro?

Sungguh luar biasa pemahaman Anda, baru sekali membaca udah langsung paham aja, udah gitu langsung nambahin komentar lagi dibawah, makin top markotop ni namanya. Kalau memang seperti itu berarti Anda layak dapat bintang!!!!! Dan yang terpenting adalah langsung praktek ya mas bro.

Kesimpulanya:
Untuk mendapatkan penghasilan pasif setidaknya ada 5 cara yang bisa kita lakukan diantaranya:

  1. Memiliki sejumlah tabungan (investasi) dan dapatkan bunga/jasa tabungan setiap bulannya.
  2. Menyewakan rumah atau kamar kepada penyewa baik secara bulanan maupun tahunan, untuk mendapatkan hasil yang optimal sewakan kepada orang yang berkeluarga karena membutuhkan rumah tinggal.
  3. Menyewakan kendaraan baik mobil maupun motor, jika perlu kelola secara profesional untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  4. Berlatihlah menulis sebuah buku dengan judul yang memiliki bahasa yang unik dan menarik, lalu kirimlah ke penerbit, siapa tahu Anda lagi beruntung, dan dapatkan penghasilan pasif.
  5. Mengelola beberapa website bisnis, atau mungkin memiliki akun adsense kemudian menyewakannya dengan penghasilan rata-rata 20% dari penghasilan Join Venturenya. Tak perlu bikin blog banyak, tinggal kerja sama aja dengan pemilik blog yang tidak punya akun adsense tapi punya trafik tinggi, gampang kan?.

Demikian sharing yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga menjadi inspirsi, berguna serta bemanfaat untuk Anda dalam mendapatkan penghasilan pasif. Satu hal yang perlu Anda ingat, saat Anda memiliki penghasilan pasif, uang yang bekerja untuk Anda, bukan sebaliknya.

Sumber Bacaan: 
  1. Wikipedia Bahasa Indonesia
  2. finansialku.com
  3. organisasi.org

Dapatkan 45 Tips Pengembangan Diri disini


Beri Tahu Teman Mu Ya!!!


47 Komentar untuk "Mau Passive Income Mengalir Terus Tiada Henti, Contek & Terapkan 5 Cara Asik Berikut Ini"

Jadi kalau mau dapat passive income perlu modal yg ga sedikit ya mas. Misalnya menyewakan rumah, berarti kan harus punya 2 rumah?
Mungkin yang 'paling enak' royalti buku. Tapi ini sulit. Mari belajar menulis melalui blog. :)

butuh keterampilan dan pengalaman juga ya kang Daniel, saya rasa perlu modal yang gede nih buat passive income ini :D

Ga harus punya 2 rumah kok, bisa aja dimulai dengan menyewakan kamar kos, mulai lah dengan yang paling terkecil Mas Renggo

Kuncinya keterampilan Mas Hary, kalau soal modal, yang penting kemauan, karena modal terbesar adalah kemauan dan niat

Wah, dapat ilmu baru lagi ni....kalau dari blogger pasang iklan ya gan? atau yang gimana lagi ni, bagi tipsnya juga dong!!!

Silahkan di baca2 gan, semoga prejalanan ANda menyenangkan dan terima kasih telah mampir

Alhamdulillah hampi sepuluh tahun sedikit saya memiliki penghasilan pasif dari beberapa investasi, dengan menyewakan tenda untuk hajatan, sound system dan beberapa kamar kontrakan mang...dengan begitu hidup jadi sedikit nyantay...hehe

Perlu banyak belajar nih nampaknya supaya bisa memiliki penghasilan yang pasif.
Terima kasih sharenya pak Daniel..

Wah, selamat ya kang....rupanya udah banyak ni alternatif lain untuk mendapatkan penghasilan pasif. Kalau saya sendiri baru bisa dapatkan dari tabungan aja

Iya sama Pak. Saya juga sedang menciptakan penghasilan pasif dari belajar dan belajar. Mari kita sama2 belajar

Cara mendapatkan pasif income 100% work, adalah dengan menjadi anak orang kaya. Hahahaaa

untuk mendapatkan penghasilan pasif memang butuh pengalaman dan tentunya modal yamas.
dan yang paling utama adalah actions,memulai dari yg dirasa paling kecil

itu kalau belum menikah mas
tp saya rasa kalau dah menikah akan lain lagi pemikirannya.hehehe

Kalo invest dengan cara menabung sepertinya tidak mendapatkan keuntungan secara signifikan ya mas, Soalnya nabung 100jt cuma dpt bunga sekitar 99rb saja... walaupun aman sih...
klo invest dengan menyewakan kendaraan takut hilang... hehe

bener tuh mas usaha nomor 2 sudah saya lakoni semua orang butuh tempat tinggal bukan? jadi ini income yang gak ada matinya

intinya harus mempunyai modal yang besar ya mas untuk bisa mendapatkan pasif income itu

Sudah pasti Mas Marnes, terutama Modal Kemauan dan Modal Nekad, bagaimana dengan Anda?

Kalau saya si cukup 2 modal itu dulu, yang lain ntar bisa ngikutin

Wah, selamat ya kalau memang udah dapat penghasilan pasif. Ikuti terus kisah selanjutnya ya....jangan lupa lho

Rugi dong mas kalau nabung 100 juta baru dapat 99rb, kalau di tempat saya kerja sekarang, tabungan 100 juta bisa mendapatkan penghasilan pasif 1jt, tanpa usaha apa2 lagi...alias di biarin ngendap., Anda mau?

Pendapat Kang Yanto memang tepat tu, saya sangat mendukung terutama modal kemauan untuk action/memulai. banyak orang tidak mau atau sulit untuk memulai krn takut gagal.

Mulailah dari hal yang paling kecil, begitu kan kang yanto maksudnya?

@yanto: Kalau saya si sepertinya jadi Juragan Kredit aja biar lebih untung dan saya cukup berpengalaman...kalau Juragan Ubi Cilembu terlalu jauh untuk datangkan bahan bakunya

@Kata Bijak: Kalau dapat anak orang kaya tapi ga ada bagian, terus dapat penghasilan dari mana tu gan?

pada poin 2 dan 3 itu harus keluar modal dulu ya mas, baru bisa nyewaiin. Tips yang bisa membangkitkan motivasi untuk terus berjuang ni :D

Iya, yang paling penting adalah modal kemauan dan siap action. Terima kasih atas apresiasinya ya Pak Ibrahim. Semoga makin sukses blognya

biasanya modal gede penda[atan juga gede mas
misalnya kita punya beberapa rental mobil

Itu memang ada benarnya Mbak imerlina, untuk itu fakta di dunia adalah yang kaya makin kaya sedangkan yang miskin makin terjepit

Wah pasti enak rasanya gan kalo bisa mendapatkan penghasilan pasif...!! :)

Ya tentu sja mas rolly, tak perlu kerja capek2 duit mengalir terus

contohnya jualan mobil sama jualan nasi kucing hasilnya besar mana...?
modal besar kalau bangkrut kembali nol

jika modal besar dikelola dengn baik boleh dibilang mustahil bangkrut, kan sekarang ada asuransi kerugian jadi tinggal masukin asuransi aja...pas bangkrut klaim asuransi aja

Emang ada ga si asuransi yang mengcovernya mbak? bagi infonya dong

Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini via e-mail di: (saintloanss@gmail.com)

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Terima kasih sudah berkunjung:

1. Silahkan berikan opini & komentar terbaik Anda.
2. Kritik pedas 'bikin sambal kali, pedas?' akan saya terima dengan hati terbuka demi perbaikan konten dalam blog ini.
3. Tak perlu nitip link hidup/mati.
4. Bila Anda tidak terima, Anda bisa mengajukan 'banding'!

Back To Top